logo

Pembukaan Tahun Ajaran 2020-2021

nurulhakim_sy. Bismillahirrahmanirrahim

Alhamdulillah segala puji bagi Allah yang telah memberikan segala kemudahan dalam kita menjalani amanah sebagai pendidik dan da’i. Sholawat dan salam atas junjungan dan panutan kita semua rasululloh Muhammad shalallohu alaihi wasallam beserta keluarga, para sahabat, dan pengikut-pengikut beliau.

Pembukaan Tahun Ajaran Baru 2020-2021 telah dilaksanakan dengan penuh kesungguh-sungguhan oleh civitas akademik keluarga besar Pondok Pesantren Nurul Hakim pada Hari Senin 13 Juli 2020 M yang bertepatan dengan 22 Dzulqa’dah 1441 H di Masjid Al-Walidaen Kampus 3 PPKH-KMMI Pondok Pesantren Nurul Hakim Kediri Lombok Barat NTB. Hadir dalam acara tersebut Pimpinan dan Pengurus Harian Yayasan Nurul Hakim Lombok, anggota dewan pembina yayasan, kepala-kepala madrasah dari Madrasah Ibtidaiyah hingga Institut Agama Islam Nurul Hakim beserta jajaran dewan guru dan karyawan.

Dalam kesempatan tersebut, Ketua Umum Yayasan Nurul Hakim Lombok TGH. Muharrar Mahfudz mengingatkan bahwa tantangan pendidikan kedepan akan semakin berat dalam menyiapkan santri/santriwati untuk menghadapi tantangan pada masa atau generasi mereka. Sedangkan wakil pimpinan Bidang Pendidikan TGH. Muzakkar Idris menyitir ayat 122 dari Surah At-Taubah bahwa kita harus konsisten melaksnakan tugas kita sebagai pendidik dan da’i bahwa proses pendidikan bagi anak-anak kita haruslah terus berjalan karena merupakan amanah al-Qur’an untuk tafaqquh fiddin dan menjadi munzirul qaum meskipun kita berada dalam masa Pandemi Covid-19. berikut kutipan QS. At-Taubah ayat 122:

وَمَا كَانَ الْمُؤْمِنُونَ لِيَنْفِرُوا كَافَّةً فَلَوْلا نَفَرَ مِنْ كُلِّ فِرْقَةٍ مِنْهُمْ طَائِفَةٌ لِيَتَفَقَّهُوا فِي الدِّينِ وَلِيُنْذِرُوا قَوْمَهُمْ إِذَا رَجَعُوا إِلَيْهِمْ لَعَلَّهُمْ يَحْذَرُونَ

artinya: Tidak sepatutnya bagi mukminin itu pergi semuanya (ke medan perang). Mengapa tidak pergi dari tiap-tiap golongan di antara mereka beberapa orang untuk memperdalam pengetahuan mereka tentang agama dan untuk memberi peringatan kepada kaumnya apabila mereka telah kembali kepadanya, supaya mereka itu dapat menjaga dirinya.

Dalam acara tersebut diputuskan bahwa insya Allah dalam waktu dekat kita akan segera mengadakan persiapan dan sosialisasi Penyesuaian Tata Cara Belajar pada Masa Pandemi Covid-19.

Semoga Allah Subhanahu wa Ta’ala meridoi dan memberkahi setiap langkah kita dalam kebaikan, aamiin.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *